Kemeriahan Lomba 17 Agustus di Desa Koripandriyo, Panitia Sediakan Hadiah Ayam dan Kambing

Koripandriyo – Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 72, Warga Desa Koripandriyo Kec. Gabus Kab. Pati mengadakan lomba panjat bambu, Minggu (6/8) siang.

Lomba berjalan sangat meriah diikuti oleh enam tim dengan masing-masing beranggotakan empat orang saling berebut untuk memenangkan hadiah yang disediakan panitia. Setiap tim diberikan waktu 10 menit untuk setiap kali babak permainan. Sedangkan hadiah dalam lomba ini sendiri diletakkan di atas pohon.

Tidak mudah bagi peserta lomba untuk mencapai pucak pohon itu, karena pohon terlebih dahulu diolesi dengan oli bekas sebagai pelicin. Peserta haris beberapa kali mencoba untuk memanjat karena tidak jarang mereka harus bolak-balik terpeleset karena batang bambu yang sangat licin. Filosofinya, merebut kemerdekaan yang diperjuangkan oleh para pahlawan tidak mudah dan perlu pengorbanan jiwa, tenaga dan raga.

Ketua panitia Nur Habibi, menuturkan, kegiatan perlombaan itu tersebut baru pertama kali diadakan di kampungnya. Sesungguhnya perlombaan ini lazimnya menggunakan batang pohon pinang untuk dipanjat. Namun karena sulitnya mendapatkan pohon pinang, panitia mengganti dengan batang pohon bambu. Perlombaan ini hampir dilakukan oleh masyarakat diseluruh daerah saat memperingati HUT Kemerdekaan.

“Kegiatan konsepnya panjat pinang, sederhana tapi sangat meriah. Kita mencoba hidupkan kembali kegiatan ini di masyarakat kita. Antusias peserta dan penonton juga cukup besar dengan adanya lomba ini,” ungkapnya

Ia menambahkan, hadiah yang disediakan oleh panitia berupa perabotan rumah tangga seperti kursi, kipas angin dan perlengkapan dapur lainnya. Sedangkan hadiah utama yang disiapkan panitia berupa ayam jago dan satu ekor kambing.

“Intinya kita tidak mau membebani masyarakat. Kita bentuk kepanitiaan dan kita sama-sama bekerja agar semarak menjelang 17 Agustus bisa dirasakan masyarakat di sini,” pungkasnya

Sementara itu, serangkaian kegiatan juga akan digelar menuju malam 17 Agustus mendatang dan pada puncaknya akan digelar pentas kesenian dari masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*